Beranda » Puluhan Mantri Tani Desa Ikuti Pelatihan Tematik Ternak Ruminansia

Puluhan Mantri Tani Desa Ikuti Pelatihan Tematik Ternak Ruminansia

by Editor Utama

Lebak – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kapasitas Mantri Tani Desa, Pemerintah Kabupaten Lebak melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan bekerjasama dengan Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BPPKH) Cinaraga Bogor menyelenggarakan Pelatihan Tematik Ternak Ruminansia yang diikuti oleh puluhan Mantri Tani Desa (MTD).

Mantri Tani Desa sendiri merupakan inovasi yang dilakukan Pemkab Lebak dalam mengatasi kurangnya petugas peternakan (medik dan paramedik veteriner) lapangan, dimana saat ini hanya berjumlah 5 orang yang wilayah kerjanya mencakup 28 Kecamatan Se-Kabupaten Lebak. MTD ini bertugas membantu pelaksanaan kegiatan penyuluh pertanian, peternakan, perikanan dan ketahanan pangan ditingkat Desa.

Menurut Iti, mengingat terus berkembangnya teknologi dan inovasi baru pada bidang peternakan maka kegiatan Bimtek ini perlu dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas MTD, sehingga keberadaan MTD dapat membantu Pemerintah Daerah dalam mensukseskan pembangunan peternakan maupun pertanian di Kabupaten Lebak.

“Bagi Mantri Tani Desa yang hadir, saya berpesan ikutilah kegiatan ini secara serius dan tuntas sampai selesai dan peran aktifnya sangat dibutuhkan sehingga ilmu yang diperoleh dapat langsung diaplikasikan pada saat melakukan tugas ditingkat lapangan” Ujarnya.

Iti melanjutkan, peran MTD ditingkat lapangan sangat diperlukan agar dapat menjadi agen perubahan dalam pembangunan peternakan yang pada akhirnya dapat mewujudkan kesejahteraan bagi peternak pada khususnya dan bagi masyarakat Kabupaten Lebak pada umumnya.

Ia juga berterima kasih kepada BPPKH Cinaraga Bogor yang sudah berkolaborasi dengan Dinas Peternakan dan Keswan atas terselenggaranya kegiatan ini.

Sementara itu, Dede Nursyamsi Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian RI mengapresiasi Pemkab Lebak khususnya Bupati Lebak yang telah menetapkan kebijakan Mantri Tani Desa sebagai pelopor dan pejuang pembangunan pertanian di Kabupaten Lebak.

Baca Juga  Dua Laporan Dinilai Berjalan Ditempat di Kejari Lebak, GAMMA Demo Kejati Banten

“Kunci untuk keberhasilan pembangunan pertanian peternakan adalah peningkatan produktivitas karena jumlah penduduk meningkat berarti jumlah pangan pun meningkat” Ucap Dedi saat membuka secara resmi kegiatan Bimtek Tematik Bagi Mantri Tani Desa yang dilaksanakan di Aula Multatuli Setda Lebak, Rabu (15/2/2023).

Dedi juga mengingatkan Pemkab Lebak beserta masyarakat wajib memanfaatkan potensi yang ada di Kabupaten Lebak untuk menggenjot sumber pangan protein hewani yang berasal dari ternak baik itu ternak ruminansia besar, ruminansia kecil maupun unggas dan lain sebagainya. (*Ar)

Berita Lainnya

Leave a Comment