Beranda » Pj Gubernur Al Muktabar Dampingi Wapres KH Ma’ruf Amin Meresmikan Agroeduwisata Guler Nature Farm

Pj Gubernur Al Muktabar Dampingi Wapres KH Ma’ruf Amin Meresmikan Agroeduwisata Guler Nature Farm

by Imam Apriyana

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mendampingi Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin Meresmikan Agroeduwisata Guler Nature Farm di Kecamatan Gunung Kaler, Kabupaten Tangerang, Rabu (5/10/2022). Agroeduwisata ini menawarkan pengalaman dan pengetahuan bertani yang menyenangkan. Menjadi percontohan pengembangan dan pengelolaan lahan pertanian modern.

“Hari ini kita mendampingi Bapak Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada peresmian Agroeduwisata Guler Nature Farm,” ungkap Al Muktabar.

Dikatakan, kawasan itu menjadi spot agro wisata, kuliner, dan pendukung lainnya untuk perkembangan pertanian dalam arti luas.

“Wisata ini sifatnya edukasi. Jadi akan digulirkan proses tanam, proses pemilihan bibit, dan seterusnya. Masyarakat bisa belajar di sini. Mudah-mudahan ini menjadi satu pusat baru dari wisata yang berbasis edukasi khususnya agro,” ungkap Al Muktabar.

“Ini partnership dengan masyarakat sekitar, jadi kita akan berdayakan juga. Ini bagus sekali kalau kita dorong bersama,” pungkasnya.

Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin beserta rombongan tiba di lokasi sekitar pukul 15.25. Selain Pj Gubernur Al Muktabar, terlihat Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Wapres KH Ma’ruf Amin mengaku bersyukur dengan terwujudnya tempat wisata yang murah meriah bagi masyarakat.

“Sekaligus menjadi tempat percontohan pengembangan dan pengelolaan pertanian. Indonesia adalah negara yang paling aman dalam ketahanan pangan. Oleh Allah SWT, kita diberikan tanah yang subur. Apapun tanaman yang kita tanam tumbuh subur,” ungkap Wapres KH Ma’ruf Amin.

“Allah menentukan sesuatu ada pada suatu negara, yang tidak ada pada negara lain. Supaya terjadi perdagangan antara negara yang satu dengan yang lain,” tambahnya.

Baca Juga  RPM Kembali Buka Suara Soal Tambang Galian Tanah Merah di Mandala, Ijin dan Pemilik Tanah Dipertanyakan

Wapres KH Ma’ruf Amin juga berharap menanam dengan cara modern terus dikembangkan di masyarakat. Dikembangkan pula offtaker atau pembelinya. Pertanian menjadi bantalan perekonomian Indonesia selama masa pandemi Covid-19.

“Indonesia diberikan oleh Allah SWT bermacam komoditi. Indonesia kaya sekali. Jangan ada lahan yang tidur dan jangan ada tenaga yang nganggur karena tidak punya akses,” pesannya.

“Semoga pesantren juga memiliki pusat pemberdayaan masyarakat di bidang pertanian. Kalau tidak ada lahan yang tidur, tidak ada tenaga yang nganggur, Insya Allah kita makmur,” pungkas Wapres KH Ma’ruf Amin.

Dalam kesempatan itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan, pertanian menjadi bantalan perekonomian Indonesia di masa pandemi Covid-19. Indonesia termasuk negara yang paling aman dalam ketahanan pangan.

“Semoga apa yang kita lakukan bernilai ibadah atas bimbingan Bapak Wakil Presiden,” ungkap Mentan.

Agroeduwisata Guler Nature Farm menempati lahan sekitar 16 hektar. Di lahan ini dikembangkan bibit padi, pengelolaan tanaman padi, pengembangan mina padi, dengan pertanian digital. Tempat ini juga dilengkapi balai pertemuan, saung, tempat bermain anak, hingga lokasi selfie.

(*Red)

Berita Lainnya

Leave a Comment