Beranda » UPG Adakan Seminar Interaktif dengan tema: “Riset Operasi Antara Sains dan Seni”, Metode Riset Operasi Di Industri

UPG Adakan Seminar Interaktif dengan tema: “Riset Operasi Antara Sains dan Seni”, Metode Riset Operasi Di Industri

by Editor Utama

Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023 Tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi memberikan fleksibilitas kepada dosen & mahasiswa. Salah satunya mengenai pemilihan model yang tepat untuk melakukan ujian akhir. Selain UAS tertulis, mahasiswa program sarjana dapat mengerjakan dalam bentuk prototipe, proyek, atau bentuk tugas akhir lainnya baik secara individu maupun berkelompok.

Untuk mata kuliah riset operasi yang di ampu oleh Ir. Riki Gana Suyatna, ST., MM., IPP di sepakati pelaksanaan UAS tertulis diganti dengan projek berupa seminar nasional.

Tanggal 21 Januari 2024 kelas RA 5 S1 Manajemen UPG mengadakan seminar Interaktif dengan tema: “Riset Operasi Antara Sains dan Seni : Metode Riset Operasi Di dunia Industri” yang bertempat di Aula Tb. Suwandi Pemkab. Serang. Kegiatan ini di ketuai oleh Nurmala Vinata Putri sebagai mahasiswa aktif Universitas Primagraha.

Dalam sambutan pembuka, riki gana mengatakan bahwa: Selain pengganti UAS, kegiatan ini juga merupakan kuliah pakar agar mahasiswa mengenal dan mengetahui implementasi teori riset operasi di dunia industri. Seperti yang kita ketahui, metode riset operasi dalam manajemen di mulai karena adanya problem/masalah. Problem ini macam-macam, dan tentu berpengaruh kepada kesehatan lembaga/perusahaan. Seorang manajer, harus bisa menguasai metode riset operasi agar pengambilan keputusan tidak sembarangan. Karena ujung-ujung duit. Salah melangkah bisa menimbulkan kebangkrutan.” Imbuh riki yang juga merupakan praktisi industri dan founder dari PT. Anu Kula Ghana (ANUKULAGHANA. Consultant).

Ada 3 Narasumber yang dihadirkan. Mereka adalah pakar dalam bidang masing-masing yang terkait dengan riset operasi.

Narasumber pertama: Alan Prananjaya, S.T merupakan Senior engineer PT. Krakatau Posco (KP) yang menjelaskan mengenai metode riset operasi yang di lakukan di pabriknya. Beliau menyebut beberapa proyek strategis yang dilakukan oleh PT KP yang tidak lepas dari aplikasi ilmu riset operasi. Salah satu yang familiar adalah proyek tol MBZ yang struktur bajanya di produksi oleh KP.

Baca Juga  Pj Gubernur Banten Al Muktabar Kunjungi KPU Bahas Perkembangan Persiapan Pemilu

Narasumber kedua merupakan Human Capital Manajer BCS Logistik: Denardo., S.E, M.Ak yang berbicara riset operasi dari perspektif sumber daya manusia. Beliau mencontohkan salah satunya mengenai hubungan industrial. Dimana banyak problem, dan seorang manajer harus mampu membuat keputusan yang tepat agar tidak terjadi chaos. Disinilah seni dari seorang manajer untuk menjalankan riset operasi.

Narasumber ketiga: Direktur dari PT. Farhan Abadi yaitu M. Farhan Azis, S.Ak., M.Si sebagai seorang pengusaha di Banten. Sebagai orang yang pernah mengenyam pendidikan di inggris. Beliau berharap pendekatan keilmuan riset operasi yang biasa dilakukan oleh negara maju, bisa diadopsi oleh manajer2 di dalam negeri. Sehingga pendekatan pengusaha2 ini lebih profesional.

Peserta yang hadir terdiri dari mahasiswa dan umum. Sekitar 80 orang menghadiri kegiatan ini. Mereka sangat antusias. Sesi diskusi dibuka dengan sangat interaktif, dimana peserta bisa bertanya dan memperjelas hal yang masih dirasa kurang bersama para pemateri. Panitia juga memberikan apresiasi berupa doorprize kepada para peserta yang aktif.

Jamal Fahrul Awaludin salah satu peserta mengatakan, bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan dia berharap kegiatan seperti ini terus dilakukan. Karena, hal ini lebih menarik bisa crosscheck teori keilmuan yang di dapat diperkuliahan dengan kenyataan yang terjadi di lapangan (dengan para ahlinya). Dibandingkan kita hanya mengkaji buku dan presentasi2 dari internet.

Kegiatan berakhir dengan penyerahan plakat kenang-kenangan kepada para pemateri dan moderator. (*red)

Berita Lainnya

Leave a Comment