Beranda » Dinas PUPR Lebak Gencar Lakukan Penangan Jalan Hingga Mencapai 70, 35 %

Dinas PUPR Lebak Gencar Lakukan Penangan Jalan Hingga Mencapai 70, 35 %

by Editor Utama

Lebak – Pemerintah Kabupaten Lebak melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) sedang dalam upaya untuk meningkatkan kualitas infrastruktur publik untuk mendukung kelancaran distribusi barang dan orang. Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Lebak Nomor : 620 / Kep. 82 – PUPR / 2023 tentang Jalan Kabupaten, bahwa panjang jalan Kabupaten Lebak adalah 749,37 km, dengan 527,198 km (70,35%) dalam kondisi mantap dan 222,172 km (29,65%) dalam kondisi tidak mantap. Jumat (27/10/2023).

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Lebak sebagaimana tertuang dalam Rencana Strategis dinas yang berkomitmen untuk meningkatkan tingkat kemantapan jalan hingga mencapai 70%. Hal ini diharapkan akan membantu mempercepat distribusi barang dan jasa, meningkatkan produktivitas masyarakat, serta membuka peluang investasi baru di Kabupaten Lebak.

Untuk mempertahankan dan meningkatkan tingkat kemantapan jalan dilakukan melalui beberapa kegiatan, yaitu Pembangunan Jalan, Rekonstruksi Jalan dan Rehabilitasi Jalan, dengan anggaran pekerjaan fisik setelah pergeseran sebesar Rp.108,2 milyar lebih.

Kegiatan Rekonstruksi jalan itu sendiri merupakan kegiatan penanganan melalui peningkatan struktur pada bagian ruas jalan yang dalam kondisi rusak berat agar bagian jalan tersebut mempunyai kondisi mantap kembali sesuai dengan umur rencana yang ditetapkan. pada kegiatan rekonstruksi jalan ini terdapat 16 ruas jalan yang akan ditangani dengan panjang rencana 21,75 km. Hingga saat ini rata-rata progres pelaksanaan pekerjaan sebesar 40%.

Pada kegiatan pembangunan jalan terdapat 72 ruas jalan poros desa yang akan dibangun dengan panjang rencana lebih dari 43 km dan 10 ruas jalan kabupaten dengan panjang rencana lebih dari 10 km serta pembukaan jalan baru melalui Program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) dengan panjang 5,66 km. Hingga saat ini kegiatan pembangunan jalan masih dalam tahap lelang.

Baca Juga  BPN Kabupaten Serang Sosialisasikan Biaya Sertifikat Pendaftaran PTSL

Untuk kegiatan rehabilitasi jalan dilakukan pada ruas-ruas jalan yang mengalami kondisi rusak ringan, hal ini dilakukan agar mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah. pada kegiatan rehabilitasi jalan ini terdapat 7 ruas jalan yang akan ditangani dengan panjang  penanganan 25,30 km. Hingga saat ini rata-rata progress pelaksanaan pekerjaan telah mencapai 50%.

Dengan adanya dukungan pendanaan pada kegiatan-kegiatan tersebut, Dinas PUPR berharap dapat meningkatkan kemantapan jalan kabupaten menjadi diatas 70% dan dapat menciptakan Kabupaten Lebak yang maju dan sejahtera. Oleh karena itu, mari bersama-sama mendukung pemerintah Kabupaten Lebak dalam upaya meningkatkan kualitas infrastruktur publik baik. Dengan infrastruktur yang baik, kami yakin Kabupaten Lebak akan menjadi lebih maju dan sejahtera. (*A1)

Berita Lainnya

Leave a Comment