Beranda » Gerakan Penanaman 1.000 Pohon, Pj Gubernur Banten Al Muktabar Pilih Tanaman Durian Lokal

Gerakan Penanaman 1.000 Pohon, Pj Gubernur Banten Al Muktabar Pilih Tanaman Durian Lokal

by Imam Apriyana

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengikuti kegiatan Gerakan Penanaman 1.000 Pohon Serentak bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ibu Wury Ma’ruf Amin secara virtual dari Kawasan Sistem Pertanian Terpadu (Sitandu) Pemerintahan Provinsi Banten, Curug, Kota Serang, Rabu (1/2/2023). Kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid itu dipusatkan di Magelang dan diikuti oleh Provinsi se-Indonesia.

Al Muktabar mengatakan dalam kegiatan tersebut pihaknya menanam sebanyak 150 pohon durian unggulan Provinsi Banten. Durian varietas siseupah yang merupakan varietas asli Provinsi Banten.

“Jadi varietas itu kalau kita lihat buahnya itu bagus sekali warna dan rasanya. Itu akan kita kembangkan terus sebagai varietas unggul yang khas Banten,” ungkapnya.

Dikatakan, penanaman tersebut juga dilakukan sebagai salah satu agenda dalam rangka mengelola ekosistem yang baik, seperti melakukan penanaman dan merawat tumbuhan, sehingga dapat mewujudkan agenda yang ramah lingkungan atau go green.

“Karena kita tahu pohon tidak hanya dimanfaatkan buahnya, tetapi juga menghasilkan oksigen yang menjadi bagian kebutuhan hidup kita. Maka Ibu Negara menggiatkan ini dalam satu agenda OASE KIM dan kita semua se-Indonesia berpartisipasi,” katanya.

Pada kesempatan itu, Al Muktabar juga mengimbau kepada masyarakat untuk dapat memanfatkan lahan-lahan pekarangan rumah untuk dapat ditanam beberapa jenis tanaman.

“Kita imbau kepada masyarakat yang ada pekarangan minimal dapat ditanam pohon kelor, satu rumah dua pohon cukup untuk dikonsumsi,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Banten Agus M Tauchid menuturkan alasannya dipilih tanaman durian varietas siseupah dalam kegiatan itu merupakan sebagai upaya menyelamatkan dan membudiyakan durian lokal Banten.

“Kita ingin durian siseupah ini ditata kembali yang merupakan unggulan lokal Banten dari Pandeglang, kami ingin ini terus lakukan penyelamatan,” ujarnya.

Baca Juga  Didemo Warga dan Lembaga Soal Pencemaran B3, PLTU Banten 2 Labuan Bantah Itu Limbah B3

Selanjutnya, ia menyampaikan buah durian siseupah hampir serupa dengan durian musang king, dimana buah durian siseupah memiliki warna kuning dan berbiji kecil. Dan untuk tekstur luar durian siseupah berukuran tidak terlalu besar dan warna kulit berdominan hijau.

”Kalau siseupah endemisnya di Pandeglang atau secara umum di wilayah akarsari (Asepan, Karang dan Pulosari) itu lah endemis terbaik durian unggulan Banten,” tandasnya.

Turut hadir, Penjabat Ketua TP-PKK Provinsi Banten Tine Al Muktabar, Pj. Ketua DWP Provinsi Banten Tuchfah Tranggono, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten Aan Muawanah dan tamu undangan yang lainnya.

(*mam&Red)

Berita Lainnya

Leave a Comment